Halaman

Kamis, 02 Januari 2014

EMIS 2013

Kakanwil Kepri : Sinergikan EMIS dengan Penguatan SDM, Koordinasi dan Dukungan Pimpinan

Batam (Pendis) - Kegiatan Koordinasi Evaluasi, Validasi dan Verifikasi Data Awal Pendidikan Islam TP 2013/2014 Tahun Anggaran 2013 merupakan tahap lanjutan dari kegiatan Penguatan Tenaga Pengelola Data Pendidikan Tk. Kanwil/Kankemenag/PTAIN/Kopertais Tahun 2013 yang sudah dilaksanakan oleh Ditjen Pendidikan Islam pada bulan Agustus dan September 2013 lalu.

Setelah tim pendataan EMIS di daerah melaksanakan pemutakhiran data Pendidikan Islam semester ganjil TP 2013/2014 di wilayahnya masing-masing, kini saatnya para pengelola data EMIS dari tingkat Kanwil, PTAIN dan Kopertais harus menyampaikan hasil pemutakhiran data EMIS tersebut kepada Ditjen Pendidikan Islam.

Sebelum disampaikan kepada Dirjen Pendidikan Islam dan selanjutnya akan dipublikasikan untuk masyarakat, data tersebut lebih dahulu harus dievaluasi, divalidasi dan diverifikasi oleh seluruh tim EMIS, dengan melibatkan unsur EMIS pusat,EMIS Kanwil, EMIS PTAIN dan EMIS Kopertais. Hal ini dimaksudkan agar data yang terkumpul dapat diketahui kelengkapan, ketepatan dan keakuratannya.

"EMIS sebagai salah satu entitas penting dalam pengelolaan data baik di tingkat pusat maupun daerah, memiliki peran signifikan dalam pengambilan kebijakan, seperti BOS, BSM, dsb," ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Riau Drs. H. Handarlin H. Umar.

"Kegiatan ini akan menjadi sarana untuk untuk meningkatkan kualitas data Pendidikan Islam. Selama ini yang menjadi persoalan dalam proses pengelolaan data adalah kemampuan SDM tenaga pengelola data, koordinasi pusat-daerah dan dukungan dari pimpinan satuan kerja masing-masing," tegas Handarlin dalam acara pembukaan kegiatan yang berlangsung di Batam, 2-4 Desember 2013.

Dalam upaya meningkatkan kualitas data Pendidikan Islam, sesungguhnya memang perlu untuk melakukan proses validasi dan verifikasi terhadap kelengkapan dan keakuratan seluruh variable data Pendidikan Islam yang dikumpulkan. Data tersebut harus memenuhi kriteria lengkap, akurat dan tepat waktu, sehingga dapat digunakan untuk mendukung proses pengambilan kebijakan dan perencanaan program Pendidikan Islam secara efektif, efisien dan tepat sasaran.

Diharapkan dengan penguatan dalam tiga aspek tersebut (SDM, koordinasi dan dukungan pimpinan) maka akan ada peningkatan pengelolaan EMIS dan kualitas data Pendidikan Islam di masa yang akan mendatang, data yang lengkap, akurat dan tepat waktu.
(sya/ra)

Kami sengaja mengopi dan pastekan karena kami tak ingin ada beberapa kalimat yang tak sesuai dengan sumber aslinya. Sebagai salah satu Madrasah kami sangat menyambut baik dengan adanya Emis satu pintu. Dengan demikian data lebih mudah disimpan dan akurat. 

Namun kami sendiri heran mengapa sampai saat ini di situs Ditjen Pendis sendiri belum memuat hasil EMIS 2013, padahal situs tersebut dapat diakses oleh semua orang baik nasional maupun internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar